Minggu, 22 Desember 2019

19.42


JANGAN kira remeh bila kaki Kamu kelihatan abuh. Bisa saja, itu jadi sinyal jika Kamu menderita penyakit khusus. Lalu, bagaimana menanganinya? sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Kaki abuh dapat dikarenakan oleh beberapa hal. Keadaan yang umumnya dirasakan oleh ibu hamil ini bisa membuat Kamu tidak nyaman serta dapat batasi gerakan Kamu. Biasanya, kaki abuh dikarenakan oleh luka atau penimbunan cairan. Lebih jelek , kaki abuh yang diimbangi dengan tanda-tanda lain dapat juga jadi sinyal dari satu penyakit.

Ya, beberapa hal yang dapat jadi pemicu kaki abuh. Apa sajakah? Serta, bagaimanakah cara menanganinya?

Apapun pemicu kaki abuh?

Kaki abuh dapat dikarenakan oleh beberapa hal, dari mulai hal yang mudah sampai hal yang lebih serius, seperti penyakit serius. Banyak hal yang dapat jadi pemicu kaki abuh ialah:

1. Kehamilan

Kaki abuh normal berlangsung pada ibu hamil sebab terdapatnya pergantian pada tubuh. Tetapi, bisa menjadi tidak normal bila pembengkakan berlangsung dengan mendadak atau terlalu berlebih. Ini dapat jadi sinyal preeklampsia, umumnya berkembang sesudah umur kehamilan 20 minggu.

2. Luka

Luka pada kaki atau pergelangan kaki yang umumnya berlangsung sebab Kamu salah langkah dapat mengakibatkan kaki abuh. Salah langkah bisa mengakibatkan ligamen pada kaki Kamu berubah atau keseleo, hingga mengakibatkan kaki abuh. Kamu dapat mengompres kaki yang abuh ini dengan es untuk kurangi pembengkakan.

3. Edema perifer

Kaki abuh dapat berlangsung sebab edema perifer, dimana cairan dalam darah keluar dari kapiler serta menumpuk dalam jaringan. Ini dapat dikarenakan oleh kelebihan berat tubuh, kelamaan berdiri di satu tempat, kelamaan duduk di satu tempat (contohnya waktu di mobil atau pesawat), cuaca hangat, atau Kamu sedang menstruasi.

4. Infeksi

Infeksi dapat juga jadi pemicu kaki abuh. Umumnya ini berlangsung pada seorang dengan neuropati diabetes, dimana saraf-sarafnya (khususnya di kaki) telah alami masalah. Kaki orang dengan neuropati diabetes tidak sensitif pada sensasi rasa apa saja, hingga infeksi kaki memungkinkan berlangsung.

5. Insufisiensi vena

Insufisiensi vena adalah satu keadaan dimana darah tidak dapat bergerak naik dari pembuluh darah kaki kembali pada jantung. Ini karena disebabkan katup pembuluh darah vena alami masalah atau melemah. Mengakibatkan, darah kembali turun ke sisi bawah badan serta berlangsung penimbunan cairan pada kaki sisi bawah. Ini dapat mengakibatkan pergantian kulit, borok, serta infeksi.

6. Pembekuan darah

Terdapatnya bekuan darah atau gumpalan darah yang berada di kaki bisa menghalangi saluran darah dari kaki kembali pada jantung, hingga bisa mengakibatkan kaki abuh. Seharusnya kontrol diri Kamu ke dokter bila Kamu alami pembengkakan pada satu kaki dibarengi dengan ngilu, demam, serta kemungkinan pergantian warna kulit kaki.

7. Penyakit jantung, hati, atau ginjal

Kaki abuh dapat juga jadi sinyal Kamu mengalami permasalahan pada jantung, hati, atau ginjal. Tidak berhasil jantung bisa mengakibatkan penimbunan garam serta cairan pada kaki Kamu. Penyakit hati dapat membuat produksi protein albumin (yang jaga darah supaya tidak bocor keluar dari pembuluh darah) menyusut hingga mengakibatkan kebocoran cairan.

Penyakit ginjal dapat mengakibatkan penimbunan cairan pada badan sebab ginjal tidak berperan secara baik. Seharusnya kontrol diri Kamu bila kaki abuh dibarengi dengan kehilangan nafsu makan, berat tubuh alami penurunan, serta kecapekan.

8. Obat-obatan khusus

Obat-obatan khusus dapat jadi pemicu kaki abuh, salah satunya ialah:

• Obat tekanan darah tinggi kelompok calcium kanal blockers

• Obat steroid, seperti kortikosteroid

• Obat anti-inflamasi nonsteroid

• Antidepresan

• Obat-obatan yang memiliki kandungan hormon estrogen (sama dengan obat KB) serta testosteron

• Obat-obatan untuk diabetes

Bagaimanakah cara menangani kaki abuh?

Banyak hal bisa Kamu kerjakan untuk menangani kaki abuh, yakni:

• Pakai kaus kaki kompresi. Kaus kaki yang biasa digunakan oleh atlet ini dapat menurunkan ngilu serta pembengkakan pada kaki, dapat menahan penimbunan cairan pada kaki.

• Sandarkan kaki Kamu dalam tempat yang tambah tinggi. Ini dapat juga kurangi pembengkakan. Kamu dapat menyimpan bantal yang tinggi waktu Kamu tidur atau sandarkan kaki Kamu pada dinding.

• Rendam kaki dengan garam epsom. Merendam kaki dengan air dingin yang sudah digabung dengan garam epsom sepanjang 15-20 menit bisa kurangi pembengkakan pada kaki.

• Batasi konsumsi garam. Batasi konsumsi garam cuma satu sendok teh per hati bisa menolong kurangi penimbunan cairan pada kaki.

• Olahraga teratur. Olahraga bisa lancarkan perputaran darah Kamu, hingga bisa menahan Kamu dari kaki abuh. Sebaliknya, duduk atau berdiri di satu tempat dalam tempo lama bisa tingkatkan efek kaki abuh. Pergerakan kaki Kamu tiap beberapa waktu waktu duduk atau berdiri dalam tempo lama.

• Turunkan berat tubuh. Turunkan berat tubuh bisa kurangi pembengkakan pada kaki serta membuat Kamu jadi lebih sehat.

Bila hal itu telah Kamu kerjakan, tetapi abuh di kaki Kamu belum menyusut , seharusnya kontrol ke dokter. Kemungkinan ini dikarenakan oleh permasalahan serius, seperti penyakit jantung, ginjal, hati, atau resikonya dari obat, yang butuh perlakuan dokter

0 komentar:

Posting Komentar